Pentingnya Pergaulan Sehat bagi Remaja

DEPOKPOS – Masa remaja merupakan masa dimana kita mengembangkan bakat yang kita miliki. Memperlajari hal hal yang kita sukai dengan lebih giat lagi.

Bukan hanya itu, dimasa remja juga merupakan masa dimana kia mencari teman atau relasi sebnayak banyaknya. Semakin banyak teman yang kita miliki maka semakin banyak pula ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan.

Namun, disamping itu kita tidak boleh semabarangan juga dalam memilih teman. Karena ketika kita salah dalam memilih teman maka akan banyak dampak negatif yang terdapat pada diri kita sendiri.

Begitupun sebaliknya ketika kita memilih teman yang baik, maka akan banyak dampak positif pula yang kita dapat ketika berteman dengannya.

BACA JUGA:  Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak

Contoh hal yang paling sering kita lihat dalam lingkup remaja ialah banyaknya remaja yang mengkonsumsi narkoba padahal mereka masih dalam masa pendidikan di jenjang SMA.

Hal ini disebabkan karena salah satu dari mereka pasti ada yang mengkonsumsi hal terlarang tersebut dan menawarkan kepada teman-temannya.

Dari ketertarikan itulah muncul banyaknya para remaja yang mengkonsumsi benda yang tidak baik tersebut. Bukan hanya dalam sisi kesehatan namun juga dalam segi agama. Ketika kita berteman dengan orang yang tidak taat akan agama maka itu juga dapat mempengaruhi ibadah kita terhadap Allah SWT.

Misalnya seperti hijab, menutup aurat merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap wanita muslimah. Namun, ketika kita bergaul dengan orang-orang yang tidak menutup aurat dengan baik maka lambat laun kita akan mengikuti mereka.

BACA JUGA:  5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merintis Usaha

Yang awalnya kita menutup aurat dengan rapat namun dengan mengatas namakan mengikuti gaya tren dan gaya geng maka kita membuka aurat yang kita miliki dengan begitu mudahnya.

Contoh dari sisi baik ketika kita berteman dengan orang yang baik, yaitu saat kita sedang berada di tongkorongan ketika adzan berkumandang semua teman kita bergegas untuk wudhu untuk melaksanakan sholat.

Inilah yang disebut dengan lingkup yang sehat dimana satu sama lain saling mengingatkan. Ketika ada satu dari mereka yang salah dalam melakukan sesuatu maka mereka mengingatkannya dengan baik bukan malah membiarkan temannya terjerumus kedalam hal yang buruk.

BACA JUGA:  Pandangan Islam Terhadap Pelaku KDRT

Ada pepatah yang pernah mengatakan “Bagaimana bau parfum temanmu maka begitu pulalah bau mu juga” maksud dari pepatah ini ialah ketika kita ingin melihat perangai seseorang kita dapat melihat pada sekitarnya, salah satunya lingkup pertemanannya.

Ketika temannya baik maka parfum wangi lah yang diperoleh olehnya, namun begitu juga sebaliknya ketika pergaulannya tidak baik maka bau bangkailah yang dituainya.

Jadi, sebagai remaja yang baik dan taat akan agama carilah teman yang membawamu kepada kebaikan dan membawa banyak dampak positif dalam menjalani hidup.

Nabila Khoirunnisa

Pos terkait