Potensi yang Dimiliki Indonesia dalam Menghadapi Resesi

DEPOKPOS – Potensi apa yang dimiliki oleh Negara kita? Inilah yang harus kita ketahui agar kita bisa mencari cara dan peluang atas potensi dan kekuatan yang kita miliki.

Ada 3 potensi yang dimiliki oleh negara indonesia, yaitu :

Bonus Demografi

Apa itu bonus demografi? bonus demografi adalah usia produktif (usia bekerja) jumlahnya jauh lebih tinggi daripada usia non prouktif (usia tidak bekerja). Rentang usia produktif adalah 15-65 tahun.

Di tahun 2020-2030 adalah puncak dimana bonus demografi di negara Indonesia mencapai angka tertinggi, yaitu 70%.

Artinya sebanyak 30% adalah usia non produktif 0-14 tahun dan 65 tahun ke atas.

BACA JUGA:  Strategi Penguatan Halal Value Chain Indonesia

Ini merupakan kekuatan yang luar biasa, ketika usia produktif yang jumlahnya 70% ini semuanya bergerak melakukan hal kreatif dan mencari solusi untuk memperbaiki kondisi ekonomi.

Walaupun di sisi lain ada sisi buruknya yaitu ketika yang tidak terserap oleh lapangan kerja hanya diam tidak melakukan tindakan apapun.

Kekuatan UMKM

Kekuatan UMKM ini sering beriringan dengan bonus demografi. Di negara kita ternyata dari jumlah pelaku usaha 99,99 % nya adalah UMKM, artinya hanya 0,01 % yang bukan UMKM.

BACA JUGA:  Manfaat dan Risiko Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang

Di saat kondisi resesi seperti inilah, usaha yang paling kuat bertahan adalah industri kecil (UMKM). Karena banyaknya UMKM di Indonesia ini menjadi kekuatan tersendiri yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Banyak sekarang ditemui beberapa industri makanan dan minuman seperti Pizza Hut dan Starbucks yang menawarkan ke jalanan dengan harga yang ekonomis yang sesuai dengan kalangan menengah ke bawah.

Kayanya Sumber Daya Alam

Coba kita amati, Indonesia menduduki urutan ke-3 di dunia yang memiliki hutan terbesar.

Banyak masyarakat yang masih tinggal di daerah perhutanan yang bisa memanfaatkan kekayaan hutan sebagai mata pencahariannya.

BACA JUGA:  Wasiat Wajibah, Definisi dan Ketentuannya

Atau masyarakat yang tinggal di pedesaan yang melakukan aktivitas berkebun dan berternak menjadi usaha yang menghasilkan.

Begitu juga dengan kekayaan laut, kita dapat mengolah hasil sumber daya laut menjadi sebuah home industry dengan aktivitas UMKM.

Ketiga potensi yang dimiliki ini juga harus diiringi dengan kreativitas dan inovasi, agar dapat menjadi kekuatan dan solusi kita dalam menghadapi resesi.

Tanpa adanya kreatifitas dan inovasi, potensi yang dimiliki tidaklah berarti dan berkembang dengan pesat.

Ihdina Isra Azana

Pos terkait