MAJALAH JAKARTA – Kawasaki kembali menggoda para penggemar motor bergaya klasik melalui Z650 RS, motor bergaya neo-retro yang memadukan desain lawas khas era 70-an dengan performa modern sekelas Ninja 650.
Kawasaki Z650 RS menjadi pilihan ideal bagi pengendara yang ingin tampil elegan dan nostalgia, tanpa kehilangan sensasi tenaga dan teknologi masa kini.
Dari pandangan pertama, Z650 RS langsung menonjol dengan tampilan retro yang autentik.
Lampu depan bulat full LED, tangki bahan bakar berlekuk klasik, serta jok datar dengan detail rapi menghadirkan nuansa motor sport legendaris Kawasaki Z-series tempo dulu.
Velg palang 17 inci bergaya retro semakin mempertegas karakternya, sementara pilihan warna seperti Candy Emerald Green dan Metallic Moondust Gray memberi kesan eksklusif.
Namun di balik kesan klasik itu, ergonominya tetap modern dan nyaman â posisi duduk tegak, stang lebar, serta jok rendah membuat motor ini ramah bagi pengendara berbagai postur.
Motor ini bukan hanya soal tampilan, tapi juga soal pengalaman berkendara yang santai dan berkelas.
Tenaga Ninja 650 dalam Balutan Retro

Meski tampil kalem, Z650 RS menyimpan jantung pacu yang sama dengan Kawasaki Ninja 650 â mesin 649cc parallel-twin DOHC yang bertenaga dan responsif.
Tenaganya mencapai 68 PS dengan torsi puncak 64 Nm, cukup untuk menaklukkan jalan perkotaan hingga touring jarak jauh tanpa kehilangan kenyamanan.
Transmisi 6-percepatan dikombinasikan dengan fitur Assist & Slipper Clutch, yang membuat perpindahan gigi terasa halus dan mencegah roda belakang terkunci saat menurunkan gigi dengan cepat.
Karakter mesinnya yang halus namun bertenaga membuat Z650 RS ideal untuk pengendara dewasa yang mencari keseimbangan antara gaya klasik dan performa sporty.
Retro Bukan Berarti Ketinggalan

Kawasaki memahami bahwa tampilan klasik bukan berarti teknologi harus jadul.
Z650 RS dibekali dengan sederet fitur modern yang memastikan kenyamanan dan keamanan di setiap perjalanan:
Panel instrumen semi-digital, menggabungkan analog untuk RPM dan layar LCD untuk informasi kecepatan, gear indicator, serta konsumsi bahan bakar.
Sistem pencahayaan full LED, meningkatkan visibilitas dan estetika di malam hari.
Suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock preload-adjustable, yang memberikan stabilitas maksimal di berbagai kondisi jalan.
Rem cakram ganda di depan dan cakram tunggal di belakang dengan ABS dual-channel, menjamin pengereman aman dan presisi.
Dengan kombinasi tersebut, Z650 RS menawarkan pengalaman berkendara klasik yang dibalut kenyamanan modern.
Retro Berkualitas Tanpa Harus Mahal
Untuk pasar Indonesia, Kawasaki Z650 RS dibanderol sekitar Rp199 juta (OTR Jakarta).
Harga ini menjadikannya salah satu motor retro modern 650cc paling terjangkau di kelasnya.
Jika dibandingkan dengan rival seperti Triumph Trident 660 atau Yamaha XSR700, Z650 RS menawarkan nilai yang sangat kompetitif: desain klasik yang kuat, performa tinggi, dan teknologi canggih dengan harga lebih bersahabat.
