KemenPPPA Luncurkan Dashboard DI-TUNTASKAN: Inovasi Teknologi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas

KemenPPPA Luncurkan Dashboard DI-TUNTASKAN: Inovasi Teknologi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas

MJ. Jakarta – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) kembali menunjukkan komitmen dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas melalui peluncuran Dashboard DI-TUNTASKAN.

Inovasi berbasis teknologi ini dirancang untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi tindak lanjut hasil kunjungan kerja Menteri PPPA secara real-time.

Acara Sosialisasi dan Soft Launching Dashboard DI-TUNTASKAN diadakan di Ruang Rapat Lantai 11 KemenPPPA, yang dipimpin oleh Plt. Sekretaris Kementerian, Ibu Titi Eko Rahayu, serta dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama, pejabat fungsional, dan jajaran lainnya.

Dashboard DI-TUNTASKAN sendiri merupakan singkatan dari Dashboard Inovatif Tindak Lanjut Nyata, Strategis, Kreatif, dan Nyaman, yang ditujukan untuk menjawab tantangan birokrasi dalam memantau progres hasil kunjungan kerja Menteri PPPA di berbagai daerah di Indonesia.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, dalam video testimoninya, menyatakan dukungan penuh terhadap inovasi ini. “Saya percaya, dashboard inovatif ini akan menghasilkan dampak luar biasa. Tindak lanjut nyata, strategis, kreatif, dan nyaman.

Dashboard DI-TUNTASKAN ini merupakan langkah cerdas, kreatif, dan berguna yang memberikan kenyamanan bagi kita semua ketika kunjungan kerja ke berbagai wilayah Indonesia, kita dapat memantau, mengevaluasi, dan mengadvokasi tindak lanjut kebijakan KemenPPPA secara real-time, tuntas dan merdeka,” ujar Menteri PPPA.

Dalam sambutannya, Plt. Sekretaris Kementerian, Ibu Titi Eko Rahayu, menekankan pentingnya dashboard ini sebagai solusi dalam memastikan setiap arahan dari kunjungan kerja Menteri dapat diimplementasikan secara cepat dan tepat.

“Inovasi ini menjawab kegelisahan pimpinan terkait tindak lanjut kunjungan kerja Menteri. Dengan Dashboard DI-TUNTASKAN, setiap progres dapat dipantau dan dilaporkan secara real-time, sehingga kami tidak lagi perlu gelagapan saat diminta laporan oleh Ibu Menteri,” jelasnya.

Kepala Biro SDM dan Umum KemenPPPA, yang juga bertindak sebagai Mentor dalam pengembangan dashboard ini, menambahkan bahwa aplikasi ini akan membantu mengatasi tantangan birokrasi dalam pengelolaan instruksi-instruksi kunjungan kerja.

“Dengan dashboard ini, tata usaha tidak lagi perlu sibuk mencari laporan setiap kali Menteri PPPA bertanya mengenai progres tindak lanjut. Semua data dapat diakses dengan cepat dan efisien,” ujarnya. (10/9/24)

Kabag Protokol dan TU Pimpinan, Akbar MK, selaku Project Leader Dashboard DI-TUNTASKAN, menyampaikan bahwa inovasi ini merupakan hasil kolaborasi lintas biro yang melibatkan berbagai pihak di KemenPPPA, termasuk Biro Data dan Informasi, Biro SDM dan Umum, Biro Hukum dan Humas, serta Biro Perencanaan dan Keuangan.

Peluncuran dashboard ini ditandai dengan penekanan tombol di layar tablet oleh Plt. Sekretaris KemenPPPA, disaksikan oleh para pejabat pimpinan tinggi yang hadir, dan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama untuk mengimplementasikan penggunaan dashboard ini dalam operasional KemenPPPA ke depannya.

Penulis: RudolfEditor: Red